google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Merubah Harddisk Agar Bisa Terbaca di DVD Player Atau USB

Saturday, April 21, 2018

Merubah Harddisk Agar Bisa Terbaca di DVD Player Atau USB

Bagaimana cara merubah harddisk agar bisa terbaca di DVD Player via USB? Mudah saja, cara ini dapat merubah harddisk anda berfungsi layaknya seperti flashdisk sehingga dapat untuk memutar file video, MP3 di perangkat lain seperti DVD player dan lainnya. Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan untuk trik ini antara lain kabel data, dalam hal ini kita butuh kabel khusus yang bernama kabel USB TO SATA adapter. Kabel ini dapat anda beli di toko peralatan komputer dengan harga dibawah seratus ribuan (tergantung merknya). Selain kabel adapter langkah berikutnya agar harddisk bisa terbaca di DVD player atau berfungsi seperti Flashdisk adalah memformat harddisk anda menjadi FAT 32, karena format ini biasanya yang mampu terbaca di beberapa perangkat DVD player. Untuk memformat harddisk silakan gunakan partition tool bisa download di google.

Untuk merubah Harddisk agar bisa terbaca di DVD Player (USB) dan berfungsi sebagai pengganti flashdisk maka kita perlu merubah format file sistem HDD tersebut menjadi FAT atau FAT 32. Kalau saya yang cocok format FAT 32. Nah, untuk langkah ini anda silakan gunakan software yang sudah saya coba gunakan dan berhasil yaitu EaseUS Partition. Tool ini fungsinya sama seperti minitool partition wizard yang sering banyak digunakan orang pada umumnya. Mengapa saya pilih EaseUS Partition, karena tool ini lebih mudah dan OK. Silakan download EaseUS di link ini atau masuk disini untuk versi mudahnya, lalu instal di komputer anda. O iya untuk kabel datanya, terdapat banyak sekali macamnya dan tergantung dari tipe harddisk anda untuk HDD laptop dan komputer tentu ukurannya berbeda. Untuk perangkat yang komplit dan bisa digunakan di bermacam type HDD, saya sarankan pilih kabel jenis USB TO SATA adapter (jenis ini dilengkapi catu-daya).

Berikut langkah cara format harddisk dengan EaseUS Partition:

1. Hubungkan Harddisk dengan kabel USB to SATA, lalu jalankan EaseUS Partition anda.
2. Klik (pilih) lokasi drive Harddisk anda (jangan sampai salah) biasanya paling bawah.

format HDD dengan EaseUS

3. Klik kanan lalu pilih Format partition, lalu pilih FAT 32, Logical, cluster size: 1KB. Klik Apply > YES, tunggu prosesnya selesai.

KETERANGAN: Kalau langkah no 3 belum bisa semua, coba format ke FAT sebisanya dulu, klik Apply hingga selesai, lalu ulangi lagi langkah no 3. Jika HDD anda terdiri beberapa partition dan ingin merubah menjadi satu partisi saja maka anda bisa lakukan wipe partition terlebih dahulu semuanya. Setelah menjadi unallocated, silakan create partition lagi (untuk membuat partisi baru). Jangan lupa untuk menyimpan semua hasil perubahan silakan Klik Apply lalu Yes. Type HDD: logical kalau nggak sukses terdeteksi coba convert ke Primary.

Atasi DVD-ROM Tidak Terbaca Oleh BIOS
Cara Merubah Warna Rambut Dengan Photoshop

Ini adalah cara merubah harddisk agar bisa terbaca di USB seperti layaknya flashdisk yang saya pakai dan sukses. Daripada harddisk nganggur, ya to...nggak kepakai wong laptopnya udah ancur dadi sewalang walang..yo wis nggo nyetel musik wae! karo ngopi, udut klepas klepus kae, urip songo tenan. Sekian berbagi tips dari musttrie moga ada manfaatnya.

1 comment: