google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Penyebab BOOTMGR is Missing Windows 7 dan Cara mengatasinya

Monday, February 27, 2017

Penyebab BOOTMGR is Missing Windows 7 dan Cara mengatasinya

Ada beberapa hal penyebab BOOTMGR is Missing pada Windows 7, dan cara mengatasinya juga berbeda. Penyebab pesan BOOTMGR is Missing Windows 7 muncul bisa karena kerusakan software ataupun hardwarenya, muncul ketika komputer tidak bisa start. Sebagai langkah awal analisa dahulu kira-kira, dibagian mana kerusakannya. Langkah berikut bisa menjadi acuan untuk cara mengatasi BOOTMGR is Missing pada windows 7.

Munculnya pesan BOOTMGR is Missing bisa juga disebabkan konfigurasi BIOS yang tidak tepat. Sebagai informasi mengapa muncul BOOTMGR is Missing, ini karena sistem tidak menemukan file bootmgr yang dibutuhkan oleh sistem untuk bekerja diawal komputer dijalankan. Dan ini bisa muncul karena masalah sistem atau juga perangkatnya yang rusak.

Pesan yang muncul kira-kira seperti ini (sesaat setelah PC dinyalakan)

  BOOTMGR is missing Press Ctrl Alt Del to restart
  BOOTMGR is missing Press any key to restart
  Couldn’t find BOOTMGR

Beberapa penyebab terjadinya BOOTMGR is missing:
- File Windows korupt/konfigurasi BIOS yang tidak cocok (Usang)
- Kerusakan harddisk termasuk bad sector dll.
- Upgrade sistem operasi yang tidak sempurna.
- Kabel IDE rusak atau longgar.
- Boot (dari flash drive) yang tidak sempurna.

Nah sebagai langkah awal coba anda lakukan setting BIOS, dan reset ke pengaturan DEFAULT saja dulu, atau bisa juga dicoba satu persatu dan lihat hasilnya. Untuk cara masuk ke BIOS memang berbeda-beda, prinsipnya seperti ini: restart komputer dan saat mulai menyala segera tekan tombol F..(sesuai yang muncul dilayar) secara berulang-ulang, hingga muncul menu BIOS. Untuk menyimpan perubahannya pilih Save changes & reset.

Jika setelah anda melakukan reset BIOS tetapi tidak berhasil juga, anda bisa lakukan langkah selanjutnya. Untuk cara mengatasi BOOTMGR is Missing ini kita mulai dari perbaikan softwarenya dulu. Sebenarnya tidak harus dimulai dari bagian softwarenya dulu, bisa juga dengan mengecek hardwarenya dulu seperti membersihkan memory, cek kabelnya dan sebagainya.

Untuk mengecek hardwarenya ini anda harus berani membuka perangkat tentunya.
Buka dan bersihan perangkat seperti baterai, RAM, hard disk, CD Rom, VGA card, cek kabelnya, lalu pasang kembali, setelah selesai coba nyalakan kembali PCnya. Jika memungkinkan anda bisa cek kondisi harddisk apakah bad sector atau tidak, menggunakan Hiren's boot (pakai flashdisk sebagai bootablenya).

Jika semua langkah diatas tidak berhasil, coba lakukan perbaikan softwarenya:
1.Boot dari DVD/Flashdisk  installer WINDOWS 7
2.Pilih Repair computer
3.Pilih Cancel untuk keluar dari repair wizard.
4.Selanjutnya pada tampilan berikutnya pilih command prompt
5.Pada command prompt, ketik drive DVD/FD anda terbaca; misal  D: lalu ENTER
6.Jika OS berada di C: maka ketikkan copy bootmgr c:\ kemudian ENTER
7.Setelah copy selesai, ketik exit tekan ENTER, Reboot computer.
8.Pilih Start windows normally.

Solusi lain adalah dengan melakukan Update BIOS (tetapi harus hati-hati) jangan sampai salah instal atau lakukan install ulang windows. Ini solusi akhir untuk perbaikan software.

Jika memang kerusakan berada di bagian softwarenya saya yakin ini bisa mengatasi masalah BOOTMGR is Missing Windows 7, teapi jika masih gagal artinya hardware anda yang bermasalah. Sekian tips cara mengatasi BOOTMGR is Missing Windows 7, semoga membantu.

No comments:

Post a Comment