google-site-verification: googlea9a7bb945be0257d.html Jagad-enjang: Resep Membuat Kue Ulang Tahun Sendiri

Monday, August 24, 2015

Resep Membuat Kue Ulang Tahun Sendiri

Special resep membuat kue ulang tahun sendiri bisa menjadi sesuatu yang berbeda dan bermakna. Akan saya sajikan resep dan cara membuat kue ulang tahun special, yang legit dan menarik. Ada beberapa resep membuat kue ulang tahun sendiri sesuai dengan selera yang diinginkan. Kita simak tips, tesep & cara membuat kue ulang tahun.

Resep membuat kue ulang tahun sendiri ini bersumber dari partisipasi pembaca yang telah berbagi ilmu, pengalaman dan tips mereka kepada kita pembaca di seluruh nusantara. Saya berterima-kasih kepada anda semua yang telah berkenan membagikan resep membuat kue ulang tahun dan resep lainnya, sangat bermanfaat.

Birthday Cake


Bahan:

6 butir Telur utuh       
4 butir Kuning telur       
200 gr Gula pasir       
1 sdm emulsifier       
130 gr Terigu Segitiga Biru       
1 sdm Susu Bubuk       
1 sdm Tepung maizena       
1 sdt Baking powder double acting       
1 sdt Vanili bubuk       
150 gr Margarin, lelehkan    

Langkah:

Campur (dengan diayak) terigu, maizena, susu bubuk dan vanili lalu sisihkan. Kemudian kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang kental kira-kira 10 menit.

Selanjutnya masukkan campuran terigu, maizena, vanili bubuk dan baking powder. Aduk pelan-pelan dengan spatula sampai rata. Tuangkan margarin leleh, aduk dengan arah berbalik sampai tercampur rata dan tidak ada yang mengendap dibawah adonan.

Persiapkan loyangnya dengan diolesi margarin, alasi kertas roti, oles lagi dengan margarine. Setelah itu tuang adonan ke dalam loyang. Untuk ukuran loyang disini adalah seperti berikut: 2 loyang bulat diameter 22 cm dan tinggi 7 cm.

Oven dengan suhu 180° c kurang lebih 25 menit, lalu angkat dan dinginkan. Untuk memastikan saat tercium bau harum, berarti kue hampir matang, silakan tunggu sebentar lagi. Tes dengan ditusuk, jika tidak ada adonan yang terbawa artinya kue sudah matang.

Sediakan tatakan (wadahnya) lalu letakkan 1 cake ditatakan, olesi dengan buttercream. Selanjutnya tumpuk cake lainnya diatasnya. Olesi seluruh permukaan dengan buttercream. Setelah itu hias dan siap disajikan.


Rainbow Cake



Bahan:

4 Butir Telur       
13 Sdm Gula Pasir       
1 Sdt Vanili Bubuk       
1 Sdt SP       
10 Sdm Terigu Protein Tinggi       
1 Sachet Susu Bubuk Putih       
50 ml SKM Putih       
150 ml Minyak Goreng       
Pewarna Makanan (merah, kuning, biru, orange, hijau, ungu)       
250 Gram Mentega Putih       
1 Gelas Blimbing Gula Halus       
1 Sdt Vanili Bubuk       
75 ml Air Putih       
1 Sachet Coco Crunch (optional)       
1 Sachet Coklat Cha-Cha (optional)    

Langkah:
Campur dan kocok hingga mengembang, berwarna putih pucat bahan berikut: telur, gula pasir, vanili dan SP.

Masukkan tepung terigu, susu bubuk, minyak goreng dan SKM, lalu aduk hingga rata menggunakan spatula.

Bagi adonan menjadi 6 bagian dan beri warna berbeda untuk masing-masing adonan.
Siapkan loyang dengan diolesi mentega lalu tuang adonan warna pertama, kukus selama 10 menit.

Setelah adonan pertama matang masukkan adonan warna kedua, tumpuk diatasnya lalu kukus selama 10 menit, lakukan sampai semua adonan habis, Setelah semua adonan masuk, lalu kukus selama 25 menit.

Buttercream:
Gunakan mixer untuk mencampur mentega putih, gula halus, vanili dan air hingga lembut halus, jika ingin menambahkan rasa-rasa lain juga boleh.

Setelah matang silakan hias rainbow cake sesuai keinginan, bisa ditambah tulisan dan sebagainya dan menambahkan coco crunch dan coklat chaca.


Blackforest Special


Bahan:

200 gr tepung terigu       
30 gr coklat bubuk (saya recommendmerk bensdorp)       
20 gr tepung maizena       
1 sdt garam       
1 sdt baking powder
      
Bahan B:       
7 butir telur ukuran sedang       
200 gr gula kastor atau gula pasir diblender halus       
1 sdt emulsifier       
200 gr butter atau margarine       
1 sachet susu kental manis       
100 gr dark cooking chocolate    
 
Buttercream:       
500 gr mentega putih       
500 gr skm putih ( boleh diganti 300gr gula halus)       
1 bungkus vla instan rasa vanila
       
Bahan olesan dan topping :       
selai blueberry       
1 ons cherry tangkai dengan sirup       
chocolate ganache :       
150 gr dcc       
100 ml susu cair       
1 sdm margarine    

Langkah:
Pertama ayak semua bahan kering, lalu sisihkan. Lelehkan dulu margarine dan dcc lalu sisihkan. Kocok telur dan gula sampai mengembang, kemudian masukkan emulsifier selanjutnya kocok lagi hingga kental.

Turunkan kecepatan mixer ke paling rendah, lalu masukkan bahan kering sedikit demi sedikit dan bertahap. Tunggu sampai merata lalu masukkan margarine cair tadi ditambah skm dan aduk sampai merata (tidak ada yang mengendap di dasar adonan).

Siapkan loyang yang telah di olesi margarine dan sedikit tepung lalu masukkan adonan ke dalam Loyang dan panggang hingga matang (65 menit). Lakukan tes kematangan dengan ditusuk.

Angkat dari oven, dinginkan. Keluarkan dari loyang lalu buat menjadi 3 lapis cake. Olesi 2 lapisan bawah dengan sirup cherry.

Membuat buttercream: kocok mentega putih sampai mengembang, lalu masukkan skm, kocok lagi sampai lembut. Tambahkan vla instan bubuk, kocok lagi hingga rata.

Membuat Ganache :  cincang dcc, lalu cairkan dengan susu cair dan margarine, gunakan api paling kecil.

Siap dioles dengan buttercream dan selai blueberry. Lapis cake paling atas cukup dioles buttercream saja. Silakan hias,  oleskan buttercream hingga menutupi cake siram dengan ganache dan beri hiasan cherry diatasnya.

Klik disini untuk Download E-book kumpulan resep kue populer

2 comments:

  1. Munculnya model batik pria lengan pendek juga membuat batik mampu bersaing dengan banyaknya baju dari barat yang juga sangat digemari di Indonesia.
    Hal ini tentunya sangat membanggakan batik wanita kerja merupakan salah satu cara untuk melestarikan warisan luhur nenek moyang kita. Secara tidak langsung, para produsen, dan perajin batik sudah sangat berperan dalam melestarikan batik ini.

    Bagaimana dengan kita? Dengan adanya batik kerja kantor modern dan up to date serta sesuai dengan perkembangan jaman, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memakai baju batik dengan alasan kuno, atau terlalu resmi atau kayak orang tua. Model baju batik modern tidak lagi memberikan kesan kesan tersebut. Mari kita pakai baju batik, kalau bukan kita siapa lagi?

    ReplyDelete
  2. Jika kalian tahu tentang anime,yaa.. film yang sangat digemari oleh hampir semua kalangan.Salah satu nya adalah naruto.
    Film anime yang sangat terkenal bahkan sudah mendunia.Mungkin banyak sekali para kaula muda atau anak - anak yang pengen memiliki jaket anime ini.
    Tapi gak usah takut,karna jaman sekarang banyak sekali toko - toko yang jaket naruto di pasaran maupun online.

    ReplyDelete